Assalamu’alaikum, rekan
pendidikan. Proses pemutakhiran data NUPTK tahun 2013 secara online melalui
layanan Padamu Negeri http://padamu.kemdikbud.go.id sudah resmi dimulai, sejak
tanggal 3 Juni dan berakhir 30 September 2013, berdasarkan surat edaran
BPSDMPK PMP (Baca surat edarannya DISINI). Untuk itu, kali ini saya coba
berbagi tentang cara aktivasi akun login sekolah. Aktivasi akun sekolah
dilakukan oleh admin atau operator yang ditunjuk oleh sekolah. Akun sekolah
nantinya digunakan oleh operator sekolah untuk proses pengisian dan update data
PTK berbasis NUPTK, untuk mengecek dan mencari data PTK berdasarkan formulir
PTK, dan mencetak lembar tanda bukti verval.
Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil ke
Admin Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota masing-masing. Perlu dipahami dan
dimaklumi bahwa proses distribusi Surat Aktivasi Akun Login ke setiap Dinas
Pendidikan Kabupaten/Kota dan ke seluruh sekolah masih berlangsung selama bulan
Juni 2013 sesuai kondisi wilayah masing-masing.
Petunjuk penggunaan aplikasi
sudah tersedia di halaman SIAP Online. Berikut ini petunjuk aktivasi akun
sekolah yang telah dirilis. Sebelum melakukan aktivasi akun sekolah, terlebih
dahulu kita persiapkan data yang diperlukan antara lain..
- Surat aktivasi akun sekolah (user ID dan Kode Aktivasi)
- Kata Sandi/Password
- Data Administrator = Nama, TTL,Jenis Kelamin,alamat dan Email Admin
- Data Sekolah = NPSN, Status sekolah, Nama Kepala Sekolah, Alamat Sekolah : Desa, Kecamatan, nomor telepon, alamat email sekolah dan Website sekolah (jika ada)
- Peta sekolah via Google Map
Kalau sudah menyiapkan data
pendukung tersebut, berikut ini langkah langkah melakukan aktivasi akun untuk
login sekolah oleh operator sekolah melalui layanan Padamu Negeri.
Pertama,
buka http://padamu.kemdikbud.go.id, lalu pilih dan klik menu Login, atau
langsung buka http://padamu.siap.web.id/ maka akan menuju halaman login Padamu
Negeri, disana terdapat beberapa jenis login, pilihlah Aktivasi Akun Sekolah,
seperti gambar dibawah...
Maka akan masuk di halaman http://aktivasi.siap.web.id/padamu
Di halaman tersebut terdapat kotak untuk
mengisikan User ID dan Kode Aktivasi, masukkan Kode User_ID dan Kode_Aktivasi
yang terdapat dalam surat aktivasi akun yang diterima dari Dinas Pendidikan
Setelah
itu klik Login, jika berhasil maka akan masuk pada halaman pengaturan akun pada
halaman ini menetukan Username dan membuat Kata Sandi/Password, masukkan juga
alamat email untuk pemulihan akun. Username dan Password ini yang akan
digunakan untuk login di hari-hari berikutnya. Lalu klik tombol lanjut..
Akan
menuju menu Administrator, pada menu ini isilah dengan lengkap data
administrator atau operator sekolah berupa nama lengkap, jenis kelamin, tempat
dan tanggal lahir, alamat dan nomor telepon. Kalau sudah diisi kemudian klik
tombol Lanjut...
Akan masuk di halaman profil sekolah, isilah data sekolah dengan lengkap seperti NPSN, status, nama kepala sekolah, alamat sekolah, nomor kontak, email dan website. Lalu klik tombol lanjut...
Masuk di menu Lokasi, tentukan lokasi sekolah dengan mencari pada peta seperti kita mencari tempat di google map. Lalu klik tombol lanjut...
Jika sudah melengkapi data-data tadi, maka akan masuk di halaman konfirmasi, sebelum kita simpan data, cek kembali data yang sudah kita isi sebelumnya, kalau sudah yakin benar maka klik tombol Simpan.
Demikianlah cara mengaktifkan akun login sekolah. Jika belum mendapat surat aktivasi mohon sabar menunggu ya..dan jika sudah berhasil melakukan aktivasi akun sekolah, maka proses VerVal NUPTK 2013 sudah dapat dilaksanakan. Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan, salam pendidikan.
TERIMA KASIH ATAS INFONYA
ReplyDelete