1. Jelas,
yang meliputi:
a.
Tidak membingungkan dan mudah diikuti,
b.
Pilihan kata/ bahasa yang digunakan dan keruntutan uraian
c. Menggunakan nomor urut untuk membedakan langkah yang satu dan langkah yang lain,
d.
Menggunakan istilah-istilah yang lazim,
e.
Petunjuk dapat dilengkapi dengan unsur gambar.
2. Logis,
yang meliputi:
a.
Urutan penjelasan harus logis, tidak tumpang tindih dalam melakukan/ membuat
sesuatu,
b.
Urutan penjelasan harus berhubungan secara praktis dan logis sehingga tidak
akan
menimbulkan salah langkah.
3. Singkat,
yang meliputi:
a.
Hanya mencantumkan hal-hal yang penting saja,
b.
Kata-kata/kalimat yang digunakan tidak ada yang berulang, tetapi sudah
mencukupi
keseluruhannya proses yang dibutuhkan,
c.
Penggunaan kata-kata yang fungsinya untuk memperindah petunjuk tidak diperlukan
Menulis
Petunjuk
Kalian tentu pernah membaca petunjuk
tentang sesuatu hal. Ingatlah betapa sulitnya suatu alat digunakan jika tanpa
petunjuk, sulitnya seseorang mengajarkan suatu hal kepada orang lain tanpa
petunjuk. Bahkan aturan minum obat pun juga memerlukan petunjuk. Dalam
pembelajaran kali ini kalian akan berlatih menulis petunjuk melakukan sesuatu
dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
Untuk berlatih menulis bahasa petunjuk,
ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan, antara lain: mengenali dan
memvariasikan bahasa petunjuk, menyusun kalimat petunjuk berdasarkan isi
teks,melengkapi gambar dengan bahasa petunjuk, menyimpulkan ciri bahasa
petunjuk, membuat bahasa petunjuk melakukan suatu pekerjaan, dan berlatih
saling menilai bahasa petunjuk yang dibuat.
Aktivitas pembelajaran yang harus kamu
lakukan untuk menguasai kompetensi menulis petunjuk adalah
(1) mengenali dan memvariasikan bahasa
petunjuk,
(2) menyusun kalimat petunjuk berdasarkan
isi teks,
(3) melengkapi gambar dengan bahasa
petunjuk,
(4) menyimpulkan ciri bahasa petunjuk,
(5) membuat bahasa petunjuk melakukan
suatu pekerjaan, dan
(6)
saling menilai bahasa petunjuk yang dibuat.
Membuat
Bahasa Petunjuk Melakukan Suatu Pekerjaan
Berdasarkan pengetahuanmu mengenai bahasa
petunjuk, coba buatlah bahasa
petunjuk tentang kegiatan yang kamu sukai!
Misalnya, cara membuat mainan tertentu,cara melakukan suatu pengobatan, cara
melakukan senam penyembuhan, cara membuatcendera mata, atau cara membuat
makanan khas di daerahmu! Lakukan pengamatanatau wawancara dengan orang- orang
yang berkaitan dengan pekerjaan tersebut!
Saling
Menilai Bahasa Petunjuk yang Dibuat
Setelah
kalian selesai menulis bahasa petunjuk, tukarkan bahasa petunjuk yang
telah
kalian buat. Gunakan pedoman berikut untuk menilai hasil temanmu. Tulis hasil
penilaianmu pada bukumu!
Aspek
|
Deskriptor
|
Ya
|
Tidak
|
Ketepatan
dan
Kelengkapan
isi
|
·
Apakah bahasa petunjuk mengandung
langkahyang lengkap dari awal sampai akhir?
·
Apakah isi semua bahasa petunjuk urut dansaling
berkaitan?
·
Apakah semua bahasa petunjuk sesuai
denganyang akan dibuat/dilakukan?
|
||
Penggunaan
bahasa,
ejaan,
dan
tanda baca
|
·
Kurang dari 10% ditemukan kesalahan
penggunaan kata, struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
·
Apakah semua kalimat perintah yang disusun
jelas dan tidak menimbulkan banyak arti?
|
Jika
semua jawaban "ya" berarti kamu telah mampu menulis bahasa petunjuk
denganbaik
mau tanya, kalo ini sumber buku.a dari mana yah?
ReplyDeleteset lama bet ga dijwb akowkwowow
Delete